Marketing Mix

Pada umumnya, bisnis dibuat untuk mendapatkan keuntungan yang bukan hanya lewat pemasukan tinggi saja. Keuntungan bisnis yang sungguh berarti bagi pebisnis adalah mendapat kepuasan konsumen, sehingga mereka akan terus ingat, loyal, sampai terus merekomendasikan bisnis kamu.

Setelah menentukan target market dan menganalisis kompetitor, ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan supaya bisnismu semakin berkembang dan diketahui banyak orang. Misalnya, produk yang berkualitas, iklan yang disiarkan di berbagai channel, promosi yang menggiurkan, serta lokasi yang bisa dijangkau dengan menggunakan strategi marketing mix atau bauran pemasaran.

                     Dokumen pribadi

Apa itu Marketing Mix? Marketing Mix atau bauran pemasaran adalah strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar profit atau keuntungan maksi¹mal. Strategi ini menggunakan semua alat pemasaran dalam perusahaan yang dikenal dengan konsep marketing mix 7P, yaitu products, price, promotions, place, people, process, dan physical evidence.

Konsep dan Penerapan Marketing Mix 4P
               sumber:www.smartinsights.com

1. Product (produk)

Manafe, Tuty Setyorini, Yermias A Alang mempunyai strategi marketing public relation untuk dapat menarik minat para wisatawan. Product adalah apa pun yang diproduksi dalam bisnis anda untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Implementasi marketing mix (bauran pemasaran jasa) sebagai keunggulan bersaing terhadap proses keputusan wisatawan mengunjungi objek wisata lembah hijau. 

2. Price (harga)

Price atau harga adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Harga yang ditetapkan tergantung dari nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika produk memiliki harga yang rendah, maka produk dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

3. Place (tempat)

Place mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain berbentuk lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik, atau gudang, saat ini unsur place juga dapat berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website, dan lain-lain.

4. Promotion (promosi)

Setelah Anda menentukan product, price, dan place, sekarang adalah saatnya untuk menerapkan strategi promosi. Promotion atau promosi adalah cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat menjangkau target market sehingga menghasilkan penjualan. Pemanfaatan media sosial sebagai strategi komunikasi untuk mempromosikan potensi lokal. 

Elemen marketing mix adalah hal yang bersifat saling melengkapi satu strategi terpenting dalam pengembangan wisata untuk menarik minat wisatawan. Salah satunya yang sudah kita kenal yakni strategi pemasaran 4p atau yang biasa disebut juga strategi marketing mix Biro jasa transportasi perjalanan wisata.

Konsep Marketing Mix 7P

Setelah Anda mengetahui apa itu marketing mix dengan komponen 4P, berikut 3 komponen tambahan yang ada dalam konsep marketing mix 7p. 

People

People atau orang-orang yang menjalankan pemasaran juga menjadi elemen penting bagi sebuah bisnis. Orang yang dimaksud dapat mencakup  customer service, staff marketing, staff pengemasan dan pengiriman barang, trainer, dan lain-lain. Orang-orang dibalik bisnis Anda sebaiknya memiliki 3 aspek utama , yaitu mampu memberikan layanan yang berkualitas, memiliki semangat yang tulus, serta terbuka untuk menerima feedback atau masukan.

Process

Proses adalah bagaimana produk atau layanan Anda dikirimkan ke pelanggan. Elemen ini dapat berupa prosedur, alur atau mekanisme  yang perlu konsumen lakukan agar bisa mendapatkan produk atau layanan Anda. Perlu dipastikan bahwa proses yang dibutuhkan sudah Anda atur dengan baik sehingga dapat meminimalkan biaya yang perlu Anda keluarkan. Selain itu proses juga harus bisa memudahkan konsumen untuk mendapat produk Anda.

Physical Evidence

Physical Evidence atau bukti fisik merupakan segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pelanggan ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda. Beberapa contoh physical evidence adalah kemasan produk, tanda terima, kwitansi pengiriman, desain interior toko, situs website, logo, dan masih banyak lagi

Pentingnya Pemasaran Mix atau Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah faktor utama yang mempengaruhi apakah suatu bisnis dapat menjual produk secara menguntungkan. Perusahaan mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen di pasar sasaran. Ini penting karena membantu perusahaan untuk:

• Memahami di mana mereka harus memfokuskan upaya pemasaran mereka
• Menentukan produk apa yang bisa mereka tawarkan kepada pelanggan, berapa harganya, di mana, dan bagaimana cara menarik pelanggan
• Mengembangkan dan menjalan strategi pemasaran yang efektif
• Mengalokasikan sumber daya secara efektif dan efisien, menghindari biaya yang tidak perlu
• Memanfaatkan kekuatan perusahaan dan meminimalkan ancaman terhadap kelemahan internal




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan Promosi dan Komponen Promosi Mix

5 Tempat Wisata Di Makassar yang wajib Anda Kunjungi

Bira Beach