Marketing
Pengertian marketing ini pasti sudah tidak asing lagi kita dengar dan yang kita ketahui marketing itu hanya promosi ternyata bukan cuman promosi , pada dasarnya pengertian dari marketing itu bersifat mendasar dan holistik. Mendasar dan holistik yang saya maksudkan adalah bahwa pemasaran merupakan suatu ilmu yang dapat diterapkan terhadap objek yang konstekstual.
Marketing atau Pemasaran adalah proses yang berkelanjutan, bukan aktivitas satu kali. Dia
menopang semua kegiatan bisnis.
Pemasaran ini merupakan suatu sistem total kegiatan yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga promosi dan mendistribusikan barang yang dapat memuaskan konsumen.
Pemasaran tidak sama dengan menjual, juga bukan hanya tentang periklanan.
Periklanan dan penjualan keduanya merupakan elemen penting dalam proses pemasaran, tetapi mereka bukan satu-satunya elemen yang terlibat.
Mengapa marketing itu penting?
Agar produk yang kita buat akan lebih dikenal orang, akan dicoba orang, dan lama-kelamaan menjadi konsumen tetap kita, karena jika kita tidak melakukan pemasaran maka produk yang kita buat tidak akan dikenal orang apalagi untuk mendapat konsumen tetap.
Adapun bagian dari pemasaran yaitu;
- Menyiapkan bisnis
- Temui kebutuhan, keinginan dari costumer
- Adaptasi dan modifikasi,
- Realistis dan objektif bisnis,
- Promosi bisnis dan menyampaikan ke orang tepat.
Terdiri dari itu adapun yang melibatkan pemasaran yaitu;
- Mencatat bisnis Anda dan menganalisisnya kekuatan dan kelemahan dalam konteks lingkungan bisnis di mana bisnis Anda beroperasi.
- Mencari tahu tentang pelanggan Anda aktual dan potensi dan juga tentang kebutuhan, serta keinginan.
- Menanggapi ini, jika perlu dengan mengubah atau mengadaptasi apa yang Anda berikan atau bagaimana Anda beroperasi.
- Menetapkan tujuan bisnis yang realistis.
- Mempromosikan bisnis – memastikan yang benar pesan sampai ke orang yang tepat pada waktu yang tepat.
Perbedaan Orientasi produk dan orientasi pasar
Orientasi produk:
Pada dasarnya mencari ke dalam. Fokusnya adalah pada kebutuhan dan operasi bisnis. Berorientasi produk perusahaan dapat menempatkan sebagian besar penekanan pada penjualan dan iklan untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka membutuhkan
produk.
sedangkan Orientasi pasar:
Pada dasarnya melihat ke luar. Fokusnya adalah pada kebutuhan dan harapan pasar, yaitu pelanggan.
Dari definisi umum dan mendasar tersebut, maka saya sesuaikan konteksnya dengan pemasaran destinasi pariwisata, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian pemasaran destinasi pariwisata dapat diartikan sebagai berikut:
“Pengertian pemasaran destinasi pariwisata adalah aktivitas destinasi pariwisata dalam menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan dan menukarkan segala penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan dan dengan memberikan keuntungan serta tetap bertanggung-jawab terhadap masyarakat secara luas”.
Memasarkan pariwisata dan Memasarkan Barang Konsumsi
buying a holiday
- Anda tidak dapat melihat, membeli kecuali di brosur atau anda membeli didasar perjalanan.
- Anda tidak dapat mencoba sebelum membeli
- Anda membayar pembelian sebelum Anda menerima liburan.
- Anda tidak dapat mengambilnya kembali dan mendapatkan penggantinya jika itu tidak berhasil untuk Anda!
- Sangat mudah rusak – setelah pesawat pergi kesempatan untuk menjual liburan telah hilang.
- Sangat musiman.
buying a CD player
- Anda dapat memeriksanya, memainkannya, menetapkan bahwa itu adalah apa yang Anda inginkan sebelum Anda membeli.
- Sistem kontrol kualitas berarti semua pemain harus identik
- Umur simpan yang lama.
Komentar
Posting Komentar