Tujuan Promosi dan Komponen Promosi Mix
Di blog sebelumnya saya telah menjelaskan pengertian dari marketing mix nah disini saya melanjutkan dari materi tersebut.
Tujuan Promosi
1.To inform yaitu untuk menginformasikan kepada banyak orang bahwa kita memiliki suatu produk,cara menyampaikannya bisa kita lakukan melalui promosi,paid promote,dan melalui iklan billboard
2.To raise awaresess yaitu untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk kita
3.To remind yaitu untuk mengingat akan produk kita yang sedang dipromosikan
4.To aid decision making yaitu untuk membantu keputusan costumer,dalam bahasa lain cara ini cukup memaksa para costumer
5.To stimulate demand yaitu mendorong permintaan
Komponen Promotion Mix
Tujuan Promosi
1.To inform yaitu untuk menginformasikan kepada banyak orang bahwa kita memiliki suatu produk,cara menyampaikannya bisa kita lakukan melalui promosi,paid promote,dan melalui iklan billboard
2.To raise awaresess yaitu untuk meningkatkan kesadaran terhadap produk kita
3.To remind yaitu untuk mengingat akan produk kita yang sedang dipromosikan
4.To aid decision making yaitu untuk membantu keputusan costumer,dalam bahasa lain cara ini cukup memaksa para costumer
5.To stimulate demand yaitu mendorong permintaan
Komponen Promotion Mix
sumber:blogalexa.com
1. Advertising
Advertising atau iklan adalah presentasi atau promosi berbayar untuk sebuah barang atau jasa. Iklan merupakan salah satu alat promosi yang paling umum digunakan bisnis untuk menyampaikan informasi tentang sebuah produk serta menumbuhkan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Beberapa contoh digital advertising yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat iklan melalui media social, Google Ads, atau yang lain. Perlu Anda ketahui, melalui iklan digital Anda juga bisa mengatur agar pesan promosi dapat dijangkau oleh target pasar yang Anda inginkan
2. Personal selling
Personal selling merupakan teknik promosi dimana penjual akan mendatangi pelanggan dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.
Salah satu contoh personal selling dapat Anda lihat di counter kosmetik di department stores. Perwakilan pihak penjual dapat memberi saran atau solusi mengenai problem yang dialami oleh pelanggan seperti memberi saran mengenai produk yang cocok untuk kulit sensitif atau yang lain.
3. Sales Promotion
Sales promotion merupakan insentif jangka pendek yang dilakukan oleh pihak penjual agar pelanggan segera melakukan pembelian produk. Dengan teknik ini, Anda dapat menimbulkan rasa urgensi sehingga konsumen akan segera membeli produk Anda. Contoh sales promotion yang bisa Anda berikan adalah diskon atau potongan harga paket, paket hemat, kupon, giveaway, bonus, dan lain-lain.
4. Public Relations
Public relation perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi cara pelanggan ketika menilai produk atau brand Anda. Secara garis besar, public relation merupakan proses untuk mempertahankan citra baik serta membantu membangun hubungan yang menguntungan antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak yang bekerja sama dengan perusahaan Anda.
Melalui public relations, perusahaan dapat membangun cerita yang menarik untuk mempromosikan image yang baik di pasar. Biasanya perusahaan akan berusaha mendapatkan image positif dengan menarik perhatian target market dengan memberitakan aktivitas perusahaan atau aktivitas lain yang berkaitan dengan pelanggan.
5. Direct selling
Direct selling merupakan teknik promosi dimana perusahaan akan menjangkau pelanggan secara langsung. Perusahaan akan menggunakan beberapa alat seperti telepon, email, aplikasi, atau alat lain untuk menyampaikan pesan pemasaran yang berisi “call to action”. Direct selling juga dapat digunakan ketika sebuah perusahaan memiliki penawaran khusus, layanan baru, atau fitur baru dari produk yang ditawarkan
1. Advertising
Advertising atau iklan adalah presentasi atau promosi berbayar untuk sebuah barang atau jasa. Iklan merupakan salah satu alat promosi yang paling umum digunakan bisnis untuk menyampaikan informasi tentang sebuah produk serta menumbuhkan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Beberapa contoh digital advertising yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat iklan melalui media social, Google Ads, atau yang lain. Perlu Anda ketahui, melalui iklan digital Anda juga bisa mengatur agar pesan promosi dapat dijangkau oleh target pasar yang Anda inginkan
2. Personal selling
Personal selling merupakan teknik promosi dimana penjual akan mendatangi pelanggan dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung.
Salah satu contoh personal selling dapat Anda lihat di counter kosmetik di department stores. Perwakilan pihak penjual dapat memberi saran atau solusi mengenai problem yang dialami oleh pelanggan seperti memberi saran mengenai produk yang cocok untuk kulit sensitif atau yang lain.
3. Sales Promotion
Sales promotion merupakan insentif jangka pendek yang dilakukan oleh pihak penjual agar pelanggan segera melakukan pembelian produk. Dengan teknik ini, Anda dapat menimbulkan rasa urgensi sehingga konsumen akan segera membeli produk Anda. Contoh sales promotion yang bisa Anda berikan adalah diskon atau potongan harga paket, paket hemat, kupon, giveaway, bonus, dan lain-lain.
4. Public Relations
Public relation perlu dilakukan karena dapat mempengaruhi cara pelanggan ketika menilai produk atau brand Anda. Secara garis besar, public relation merupakan proses untuk mempertahankan citra baik serta membantu membangun hubungan yang menguntungan antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak yang bekerja sama dengan perusahaan Anda.
Melalui public relations, perusahaan dapat membangun cerita yang menarik untuk mempromosikan image yang baik di pasar. Biasanya perusahaan akan berusaha mendapatkan image positif dengan menarik perhatian target market dengan memberitakan aktivitas perusahaan atau aktivitas lain yang berkaitan dengan pelanggan.
5. Direct selling
Direct selling merupakan teknik promosi dimana perusahaan akan menjangkau pelanggan secara langsung. Perusahaan akan menggunakan beberapa alat seperti telepon, email, aplikasi, atau alat lain untuk menyampaikan pesan pemasaran yang berisi “call to action”. Direct selling juga dapat digunakan ketika sebuah perusahaan memiliki penawaran khusus, layanan baru, atau fitur baru dari produk yang ditawarkan
Komentar
Posting Komentar